Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Circ Berbasis Lesson Study di Kelas XII MIPA 4 MAN Lumajang Tahun 2018-2019

  • Amik Wahyuni Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini hendak melihat upaya yang dilakukan guru Fisika dalam mengembangkan model pembelajaran dengan melakukan penelitian di dalam kelas. Salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan adalah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Slavin menjelaskan bahwa tujuan utama CIRC adalah menggunakan tim-tim kooperatif untuk membantu para siswa mempelajari kemampuan memahami bacaan yang dapat diaplikasikan secara luas. Kesimpulannya, terdapat peningkatan aktivitas belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas XII MIPA 4 MAN Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model CIRC berbasis lesson study. Hasil dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan yang awalnya  48,28% menjadi 69,42% dengan kriteria aktif. Kemudian aktivitas belajar dari siklus 1 mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu menjadi 71,14% dengan kriteria aktif. Terdapat peningkatan pula dalam hasil belajar, dari 62,06% menjadi 75,86%  dengan hasil perolehan nilai N-gain  sebesar 0,352 yang berarti peningkatan dalam kategori sedang.

Published
Mar 15, 2019
How to Cite
WAHYUNI, Amik. Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Circ Berbasis Lesson Study di Kelas XII MIPA 4 MAN Lumajang Tahun 2018-2019. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 82-111, mar. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/10>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles