Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Menggunakan Scientific Approach melalui Metode Demonstrasi di Kelas X IPS

  • Edi Nanang Sofyan Hadi Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Tulisan ini melihat perubahan yang signifikan perihal prestasi belajar siswa dalam menerima mata pelajaran Fiqih. Sebagaimana diketahui, bahwa fiqih sebagai mata pelajaran wajib dalam rumpun agama, karena berhubungan langsung dengan syari’ah dan ritual keagamaan, memiliki distingsi dengan mata pelajaran lain. Karenanya, membutuhkan pendekatan dan metode yang tepat dalam proses pembelajaran di setiap kompetensi dasarnya. Penelitian ini dilakukan di kelas X IPS dengan materi Ibadah Haji. Khusus ibadah haji, ia memiliki keunikan sendiri. Bagaimana tidak, melaksanakan ibadah hai adalah pekerjaan wajib yang biayanya pun tidak sedikit. Alhasil, tidak semua guru mata pelajaran fiqih pernah melaksanakan ibadah haji, dan ini berpengaruh secara psikis terhadap cara dan metode penyampaiannya. Untuk itu, mata pelajaran yang demikian rumit ini dibutuhkan pendekatan dan metode yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari hasil penelitian didapati bahwa metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih bab Ibadah Haji dengan pendekatan saintifik mendapati hasil yang sangat baik. Metode demonstrasi juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklusnya, siklus I (48,4%), siklus II (87,1%). Metode demonstrasi dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Penerapan metode demonstrasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Published
Sep 15, 2019
How to Cite
SOFYAN HADI, Edi Nanang. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Menggunakan Scientific Approach melalui Metode Demonstrasi di Kelas X IPS. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 112-127, sep. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/11>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles