Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Santri Progresif

  • Ahmad Ali Umar Sekolah Menengah Atas Candipuro Lumajang, Indonesia
  • Muhammad Andy Rosyid Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Sejak globalisasi masuk ke ruang-ruang terkecil kehidupan manusia, hampir seluruh kehidupan manusia menjadi tak terbatas. Keadaan ini menyebabkan value positif dan negatif dalam satu track yang sama. Positif karena jejaring makhluk bumi dapat terkoneksi dan tanpa hambatan jarak. Negatifnya, karena tidak semua orang memiliki critical thinking yang sama, bahkan sebagian larut dalam “kegelapan†arus informasi. Hal ini menjadi salah satu sebab jati diri manusia secara bertahap mengalami degradasi. Karakter bangsa suatu negara, sedikit demi sedikit larut dan kehilangan identitasnya. Pondok pesantren sebagai bagian dari institusi indegenious di Indonesia, merasakan persoalan yang sama. Di tengah keadaan yang semakin runyam itu, pesantren merasa perlu melakukan filter tapi sekaligus melakukan transformasi agar selalu fleksibel dengan perubahan zaman. Riset ini dilakukan di Pondok Pesantren Ulul Albab Candipuro Lumajang. Riset ini ingin melihat bagaimana manajemen pendidikan karakter dilaksanakan di pesantren tersebut. Hasilnya, nilai-nilai karakter yang dihasilkan dari pelaksanaan manajemen pendidikan karakter di Pondok Pesantren Ulul Albab Candipuro yaitu: religius, disiplin, tanggung jawab, mandiri, kerja keras, kreatif, toleransi, dan menghargai prestasi.

Published
Sep 15, 2019
How to Cite
UMAR, Ahmad Ali; ROSYID, Muhammad Andy. Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Santri Progresif. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 128-158, sep. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/12>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles