Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti Imajinasi dengan Cara Mendengarkan Lagu
Abstract
Keberhasilan sebuah pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: sumber daya guru yang kurang memadai, sumber daya murid yang rendah, pemakaian media pembelajaran yang kurang tepat, atau penerapan cara mengajar yang kurang profesional. Guru yang kreatif selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan keberhasilan sebuah pendidikan. Salah satunya adalah teknik mengajar. Jika teknik mengajar tepat, maka kemungkinan keberhasilan sebuah pendidikan akan dapat terwujud. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan, dan mengevaluasi pengelolaan pembelajaran pembelajaran yang dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator, merubah metode ceramah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara memberikan stimulus ataurangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa menulis puisi dengan mudah. Adapun rangsangan itu berupa mendengarkan lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 MAN Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran yang diteliti adalah tentang menulis puisi dengan menerapkan metode sugesti imajinasi melalui mendengarkan lagu. Dengan PTK ini akhirnya dapat disimpulkan bahwa menulis puisi dengan cara menerapkan metode sugesti imajinasi melalui mendengarkan lagu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.