Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti Imajinasi dengan Cara Mendengarkan Lagu

  • Syaiful Syaiful Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Keberhasilan sebuah pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: sumber daya guru yang kurang memadai, sumber daya murid yang rendah, pemakaian media pembelajaran yang kurang tepat, atau penerapan cara mengajar yang kurang profesional. Guru yang kreatif selalu mencari terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan keberhasilan sebuah pendidikan. Salah satunya adalah teknik  mengajar. Jika teknik mengajar tepat, maka kemungkinan keberhasilan sebuah pendidikan akan dapat terwujud.  Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini merupakan sarana termudah untuk meneliti, menyempurnakan, dan mengevaluasi pengelolaan pembelajaran pembelajaran yang dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator, merubah metode ceramah menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara memberikan stimulus ataurangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa menulis puisi dengan mudah. Adapun rangsangan itu berupa mendengarkan lagu. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 MAN Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. Pembelajaran  yang diteliti adalah tentang menulis puisi dengan menerapkan metode sugesti imajinasi melalui mendengarkan lagu.  Dengan PTK ini akhirnya dapat disimpulkan  bahwa menulis puisi dengan cara menerapkan metode sugesti imajinasi melalui mendengarkan lagu dapat   meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
Sep 15, 2019
How to Cite
SYAIFUL, Syaiful. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Puisi Melalui Metode Sugesti Imajinasi dengan Cara Mendengarkan Lagu. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 159-169, sep. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/13>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles