Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Ekonomi di MAN Lumajang dengan Metode Pemberian Tugas
Abstract
Tulisan ini hendak melihat bagaimana perubahan yang signifikan dalam proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi melalui metode pembelajaran pemberian tugas. Sebagaimana diketahui bahwa prestasi belajar menjadi salah satu ukuran keberhasilan siswa dalam capaian proses pembelajaran sebagaimana ditetapkan dalam kriteria ketuntasan minimal. Karenanya, diperlukan metode yang bervariasi dalam pelaksanaan pembelajarannya. Adagium yang paling kuat dipegang oleh para tenaga pendidik adalah metode lebih penting daripada konten, karena sejatinya peranan metode lebih urgen dalam rangka mencapai tujuan dimaksud. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS 1 MAN Lumajang, dengan menggunakan class room approach dengan pendekatan action research. Tujuan penelitian tindakan ini adalah ingin mengungkap apakah pembelajaran dengan metode pemberian tugas berimplikasi positif terhadap hasil belajar Ekonomi di MAN Lumajang. Secara spesifik, penelitian ini menggunakan tahapan antara lain planning, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64%), siklus II (76 %), siklus III (88%). Karenanya, model pemberian tugas dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran di mata pelajaran ekonomi.