Implementasi Metode Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MA Hasyim Asy`ari Lumajang
Abstract
Diakui atau tidak, pembelajaran di dalam kelas acapkali menjadi sebab sukses tidaknya hasil belajar. Bahkan adagium yang paling dikenal di lingkungan dunia pendidikan adalah al-Thoriqotu Ahammu Min al-Maddah, metode itu lebih penting dari pada materi. Pertanyaannya, bagaimana proses belajar peserta didik di luar sekolah? siapa yang bertanggung jawab dan bagaimana ia melalui proses belajar mengajarnya?. Pertanyaan inilah yang menjadi sebab tulisan ini diangkat. Seringkali proses pembelajaran berhenti di dalam kelas, tidak ada sustainability yang pasti untuk menjamin proses belajarnya di luar kelas. Metode proyek mengupayakan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Riset ini dilakukan di MA Hasyim Asy’ari Labruk Kidul Kabupaten Lumajang. Kesimpulan dari riset ini menunjukkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar pendidikan agama Islam khususnya pelajaran Aqidah Akhlak. Metode proyek berdampak positif terhadap ketuntasan hasil belajar siswa karena lebih dari 82% nilai siswa di atas kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan.