Internalisasi Karakter dalam Pendidikan Islam untuk Mewujudkan Masa Depan Lulusan yang Bermutu

  • Hasanudin Hasanudin Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Tulisan ini ingin menjelaskan tentang upaya yang harus dilakukan lembaga pendidikan Islam untuk menginternalisasikan nilai karakter yang belakangan menjadi diskursus aktual. Selain itu, bagaimana dan apa respon lembaga pendidikan Islam dalam mewujudkan masa depan lulusan yang berkarakter di tengah perkembangan pesat globalisasi. Zaman di mana kecanggihan teknologi tak bisa dibendung dan kadang semua serba menipu (baca: disruption era). Dalam keadaan ini, lembaga pendidikan Islam dituntut melakukan perbaikan berkelanjutan untuk tetap eksis. Salah satunya dengan mengembangkan pendidikan karakter yang bercirikan kekhasan lokal. Selain itu, untuk menyiapkan lulusan yang bermutu, lembaga pendidikan dituntut melakukan perubahan paradigma lama, agar terus dapat beradaptasi dengan perubahan. Pendidikan Islam juga dituntut melakukan reshape or create terhadap aspek-aspek di dalam pendidikan Islam agar selalu kontekstual dengan perubahan. Nilai-nilai akademik yang bisa dikembangkan antara lain: jujur, disiplin, tanggung jawab, komunikatif dan kontrol diri. Agar eksistensi lembaga pendidikan dapat terus terjaga, maka sumber daya manusianya harus terus melakukan aktualisasi diri. Setidaknya dengan menerima dirinya, orang lain dan lingkungan sekitar, terus berpandangan realistis, jangan pasrah dan terus berorientasi pada penyelesaian seluruh problem.

Published
Mar 15, 2019
How to Cite
HASANUDIN, Hasanudin. Internalisasi Karakter dalam Pendidikan Islam untuk Mewujudkan Masa Depan Lulusan yang Bermutu. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-14, mar. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/2>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles