Penerapan Media Flashcard dan Wordwall untuk Menambah Vocabulary Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempursari Kabupaten Lumajang

  • Winda Varohma Laili Yunita Sekolah Menengah Pertama 1 Tempursari Lumajang, Indonesia

Abstract

Tulisan ini akan melihat  sejauh mana perkembangan penguasaan kosa kata (vocabulary) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sebagaimana mafhum, bahasa adalah komponen dan sarana penting menuju penguasaan kognisi dan perantara komunikasi efektif dalam hubungan horizontal manusia. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Tempursari Lumajang kelas VIII. Kegiatan penelitian dilakukan dengan melakukan serangkaian uji coba intervensi dengan melihat hasil pada sebelum dan sesudah proses. Hasilnya, penggunaan metode flashcard dan wordwall dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII menunjukkan signifikansi yang cukup baik. Terdapat perubahan yang sangat cepat antara sebelum dan sesudah metode dan media dipraktikkan. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua media tersebut dapat menambah vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas VIII sebanyak 60-80 %.

Published
Mar 15, 2020
How to Cite
LAILI YUNITA, Winda Varohma. Penerapan Media Flashcard dan Wordwall untuk Menambah Vocabulary Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempursari Kabupaten Lumajang. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 71-89, mar. 2020. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/22>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles