Penerapan Media Flashcard dan Wordwall untuk Menambah Vocabulary Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Tempursari Kabupaten Lumajang
Abstract
Tulisan ini akan melihat sejauh mana perkembangan penguasaan kosa kata (vocabulary) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Sebagaimana mafhum, bahasa adalah komponen dan sarana penting menuju penguasaan kognisi dan perantara komunikasi efektif dalam hubungan horizontal manusia. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Tempursari Lumajang kelas VIII. Kegiatan penelitian dilakukan dengan melakukan serangkaian uji coba intervensi dengan melihat hasil pada sebelum dan sesudah proses. Hasilnya, penggunaan metode flashcard dan wordwall dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas VIII menunjukkan signifikansi yang cukup baik. Terdapat perubahan yang sangat cepat antara sebelum dan sesudah metode dan media dipraktikkan. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua media tersebut dapat menambah vocabulary Bahasa Inggris siswa kelas VIII sebanyak 60-80 %.