Meningkatkan Hasil Belajar Tata Nama Senyawa Organik dan Anorganik Sederhana dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep pada Kelas X MAN Lumajang
Abstract
Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Nama Senyawa Organik dan Anorganik Sederhana dengan menggunakan strategi peta konsep. Secara khusus, sampel dari research ini adalah peserta didik kelas X MIPA-1 pada lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Lumajang tahun pelajatan 2019/2020 yang total peserta didiknya berjumlah 31 orang, terdiri atas 11 laki-laki dan 20 perempuan. Pembelajaran dengan menggunakan strategi peta konsep ini pada materi Tata Nama Senyawa Organik dan Anorganik meningkat dari siklus I ke II, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II 87,09%. Berdasarkan data hasil riset, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu “dengan menggunakan strategi peta konsep dalam mempelajari materi tata nama senyawa organik dan anorganik sederhana, maka hasil belajar meningkatâ€