Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas XI MIPA 3 MAN Lumajang
Abstract
Artikel ini akan menguraikan tentang hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI MAN Lumajang tahun pelajaran 2019-2020 melalui Think Pair Share (TPS) methode. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan analisis deskriptif. Secara tahapan, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2019. Subjek (sasaran) dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 27 dengan jumlah laki-laki 7 dan perempaun sebanyak 20 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, hasil belajar dan ketuntasan peserta didik sebelum PTK dan setelah PTK sangat berbeda. Terutama pada siklus II, hanya dua peserta didik yang tidak sampai ambang batang ketuntasan. Dari hasil penelitian itu didapati bahwa implementasi metode Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas XI MIPA 3 Madrasah Aliyah Negeri Lumajang pada tahun pelajaan Tahun Pelajaran 2019/2020.