Efektifitas Buku Ajar Berbasis Reprresentasi Verbal Gambar dan Tabel (R-VGT) pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Proses belajar mengajar mata pelajaran Biologi membutuhkan bahan ajar berupa buku teks yang akan menentukan keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Mata pelajaran Biologi oleh sebagian siswa dianggap masih sulit karena tingkat kompleksitas dan karakter materinya yang masih tinggi. Buku ajar berbasis R-VGT adalah salah satu buku yang diharapkan bisa membantu guru dan siswa untuk mempermudah mempelajari dan memahami salah satu materi Bioteknologi yang tergolong ilmu baru dalam pembelajaran di sekolah menengah atas (SMA). Keterbatasan fasilitas sekolah yang menunjang siswa dan guru untuk melaksanakan pembelajaran yang berbasis praktikum di laboratorium juga merupakan hambatan bagi keberhasilan proses pembelajaran. Memahami isi dan materi buku ajar yang berbasis R-VGT ini dibutuhkan keterampilan analisis dan evaluasi berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Tujuan dari penelitian ini untuk menguji efektivitas penggunaan buku ajar berbasis R-VGT materi bioteknologi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pada penelitian ini adalah One Shoot Case Study, dengan dua kali pertemuan di tiga kelas berbeda. Data yang dianalisis diperoleh dari nilai kemampuan berpikir kritis dengan pemberian soal (HOTS). Kemudian, nilai dianalisis menggunakan metode Pengakuan untuk mengetahui kategori keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga sekolah termasuk dalam kriteria baik dengan nilai post test berturut-turut, 81,13 (Class A); 82,03 (Class B) dan 81,76 (Class C).