Korelasi Spiritual Quotient dan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI di MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang

  • Esthi Arifah Anis Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang, Indonesia
  • Achmad Farid Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Spiritual quotient merupakan kecerdasan manusia yang sudah ada sejak lahir, di dalam ESQ spiritual quotient sebagai kemampuan untuk memberi makna ibadah. Dengan keberadaan spiritual quotient akan memupuk sikap-sikap yang positif. Dalam proses belajar, kehadiran sikap positif diharapkan memacu peserta didik memotivasi diri untuk giat belajar dan kreatif sehingga prestasi belajar meningkat.  Rumusan masalah dalam penelitian ini : Adakah korelasi spiritual quotient dan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang?  Adapun tujuan dalam penelitian ini :  Untuk menganalisa korelasi spiritual quotient dan prestasi belajar siswa bidang studi PAI di MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian survei. Sampel penelitian ini yaitu siswa MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang Tahun Akademik 2016/2017. Pengumpulan data melalui dokumen analisa data menggunakan statistik “r†product moment dengan rumus sebagai berikut :


 Kesimpulannya terdapat korelasi positif dan signifikan antara variabel X dan Y. Hasil perhitungan “r†product moment, nilai rxy sebesar  0,999 jauh lebih besar dari nilai “r† pada tabel koefisien korelasi “r†product moment baik pada taraf signifikan 5%=0,999>0,443, maupun pada taraf signifikan 1%= 0,999>0,561. Menurut tabel interpretasi nilai “râ€, berada pada rentang antara 0,80–1,00, berarti tergolong kuat. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sedangkan konstribusinya sebesar 99%.

Published
Mar 15, 2021
How to Cite
ANIS, Esthi Arifah; FARID, Achmad. Korelasi Spiritual Quotient dan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi PAI di MA Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 38-55, mar. 2021. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/34>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles