Pengembangan Kurikulum Bahasa Asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang

  • Anisatus Rizki Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam tertua yang tumbuh dan berpengaruh di tengah-tengah masyarakat. Menghadapi perubahan sosial yang terjadi di masyarakat, pesantren dituntut untuk mengembangkan pola pendekatan, sistem pendidikan dan kurikulum. Salah satu pengembangan kurikulum pesantren yang perlu dikembangkan adalah kurikulum bahasa asing. Kurikulum bahasa asing dapat mengembangkan potensi dan skill santri dalam menghadapi perubahan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat di ranah nasional maupun internasional. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengembangan kurikulum bahasa asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang? 2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan kurikulum bahasa asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisa pengembangan kurikulum bahasa asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang. 2) Untuk menganalisa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan kurikulum bahasa asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Pengembangan kurikulum bahasa asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan perumusan target baru untuk dapat merespon perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat; 2) Faktor yang mendukung pengembangan kurikulum bahasa asing meliputi guru, strategi belajar mengajar, masyarakat, pemberian reward, dan sarana prasarana. Sedangkan faktor yang menghambat pengembangan kurikulum bahasa asing meliputi kurangnya guru yang ahli dalam bahasa asing, sarana prasarana yang belum lengkap, dan biaya yang masih minim.

Published
Mar 15, 2021
How to Cite
RIZKI, Anisatus. Pengembangan Kurikulum Bahasa Asing di Pondok Pesantren Asy-Syarifiy Pandanwangi Lumajang. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 79-104, mar. 2021. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/36>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles