Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab
Abstract
Perkembangan pesat teknologi dan ilmu pengetahuan membawa pengaruh besar bagi perilaku siswa. Konsekuensi positif dan pengaruh negatif dari mudahnya mengakses informasi saat ini yang harus lebih disikapi secara bijak. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab adanya ekstrakurikuler pramuka menjadi basis penguat bagi pendidikan karakter yang disiplin dan bertanggung jawab. Seperti yang terjadi pada siswa MAN 5 Bojonegoro. Masih banyak siswa yang datang terlambat, tidak mengerjakan tugas, membuang sampah sembarangan. Hal tersebut tentu harus dicarikan solusi bersama. Untuk mengatasi rendahnya disiplin dan tanggung jawab siswa, MAN 5 Bojonegoro memanfaatkan ekstrakurikuler pramuka. Melalui kegiatan tersebut jumlah siswa yang melanggar aturan sekolah menurun setiap bulannya. Hal ini membuktikan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat menguatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa.
Kata kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Penguatan Pendidikan Karakter