Peningkatan Hasil Belajar Sains Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Melalui Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas III MI Islamiyah Sroyo Kanor Bojonegoro
Abstract
Artikel ini adalah hasil dari penelitian penerapan metode discovery learning. Yakni salah satu metode untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan. Karena itu guru dituntut untuk merencanakan suatu strategi pembelajaran yang efektif dan efisen dengan menggunakan metode discovery learning. Permasalahan penelitian ini antara lain, apakah penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar sains pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Sroyo Kanor Bojonegoro. Bagaimanakah peningkatan hasil belajar melalui penerapan metode discovery ini dan permasalahan terakhir adalah untuk mendeskripsikan apakah penerapan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian menggunakan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Sroyo Kanor Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa kelas 29 anak dan hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi perbaikan diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa pada pra siklus (56,38), siklus I (62,83) pada siklus II meningkat menjadi (77,59) . Dari perbaikan pembelajaran dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar Sains pokok bahasan Ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Sroyo Kanor Bojonegoro