Pemanfaatan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Masalah Sosial di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS1 MAN 2 Bojonegoro

  • Efi Usdiana Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro, Indonesia

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik atau pengajar. Kegiatan pembelajaran yang awalnya tatap muka berubah menjadi pembelajaran secara daring. Kegiatan selama daring menyebabkan berkurangnya interaksi antara guru dengan siswa. Sejalan dengan lamanya kegiatan daring berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa ketika tatap muka. Artikel ini bertujuan untuk mengembalikan motivasi belajar siswa sehingga meningkatkan nilai kognitif siswa. Hasil artikel ini menunjukkan adanya presentasi kenaikan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran analisis masalah siswa melalui penerapan model problem beased learning (PBL) dengan menggunakan media sosial enviorenment  yang telah dilaksanakan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian aktifitas guru pada siklus 1 menunjukkan ada 14 siswa (46, 66%) menuntaskan dalam kegiatan analisis masalah sosial dan pada siklus 2 menunjukkan 27 siswa atau sebanyak 90,00% telah menuntaskan kegiatan pembelajaran. Dari hasil perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan melalui metode PBL dengan media sosial enviorenment dapat meningkatkan kemampuan menganalisis masalah sosial siswa kelas XI IPS-1 MAN 2 Bojonegoro, sehingga hasil belajar siswa juga meningkat.

Published
Sep 15, 2021
How to Cite
USDIANA, Efi. Pemanfaatan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Masalah Sosial di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS1 MAN 2 Bojonegoro. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 144-159, sep. 2021. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/40>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles