Implementasi Model Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 Kelas III di MI Darus Sholah Al Ubaidah Kedungjajang Lumajang
Abstract
Model Scramble adalah model pembelajaran yang berpusat pada pelajar. Scramble merupakan kegiatan belajar sambil bermain. Penelitian ini dilakukan di MI Darus Sholah Al Ubaidah Kedungjajang Lumajang dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi model Scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 Kelas III di MI Darus Sholah Al Ubaidah. (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model Scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 Kelas III di MI Darus Sholah Al Ubaidah Kedungjajang Lumajang Tahun Pelajaran 2019-2020. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Scramble merupakan sebuah model yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran tematik tema 5 sub tema 2 karena model tersebut membuat peserta didik merasakan belajar sambil bermain disamping itu juga dapat memupuk rasa solidaritas antar teman yang akhirnya dapat mempermudah pemahaman materi serta mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini terbukti dengan hasil kerja peserta didik di atas KKM (kriteria ketuntasan minimal). Selain itu model Scramble bukan hanya mengutamakan pengalaman peserta didik saja namun membuat pengalaman baru yang berkesan pada diri peserta didik dan menumbuhkan rasa percaya diri pada peserta didik.