Teknik Pembelajaran yang Efektif dan Efesien pada Materi Statistik Deskriptif di Sekolah Menengah Atas

  • Wahid Hasyim Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran yang efektif pada materi statistik deskriptif di Sekolah Menengah Atas. Sebagaimana diketahui, bahwa pembelajaran atau proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efesien jika memperhatikan beberapa hal diantaranya kesiapan intelektual anak dan metode yang digunakan dalam mengajar. Karena itu, salah satu pendekatan atau metode yang digunakan untuk menyampaikan materi statistika ini adalah metode ekspositori dan metode pemberian tugas. Statistik merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan data secara teliti dan benar. Statistik yang dipelajari ditingkat SMA merupakan statistik deskriptif di mana statistik deskriptif ini merupakan tahap statistik yang bergerak dibidang pengumpulan data, penyajian data, serta mengolah data tanpa penarikan kesimpulan. Nilai-nilai yang merupakan statistik deskriptif diantaranya mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, jangkauan, simpangan rata-rata ragam.

Published
Sep 15, 2021
How to Cite
HASYIM, Wahid. Teknik Pembelajaran yang Efektif dan Efesien pada Materi Statistik Deskriptif di Sekolah Menengah Atas. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 186-216, sep. 2021. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/42>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles