Teknik Pembelajaran yang Efektif dan Efesien pada Materi Statistik Deskriptif di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Artikel ini akan menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran yang efektif pada materi statistik deskriptif di Sekolah Menengah Atas. Sebagaimana diketahui, bahwa pembelajaran atau proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efesien jika memperhatikan beberapa hal diantaranya kesiapan intelektual anak dan metode yang digunakan dalam mengajar. Karena itu, salah satu pendekatan atau metode yang digunakan untuk menyampaikan materi statistika ini adalah metode ekspositori dan metode pemberian tugas. Statistik merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bagaimana mengumpulkan data secara teliti dan benar. Statistik yang dipelajari ditingkat SMA merupakan statistik deskriptif di mana statistik deskriptif ini merupakan tahap statistik yang bergerak dibidang pengumpulan data, penyajian data, serta mengolah data tanpa penarikan kesimpulan. Nilai-nilai yang merupakan statistik deskriptif diantaranya mean, modus, median, kuartil, desil, persentil, jangkauan, simpangan rata-rata ragam.