Internalisasi Soft Skill Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS. Miftahul Midad Lumajang

  • Santi Santi Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia
  • Ahmad Ihwanul Muttaqin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Artikel ini ditulis dengan maksud melihat upaya guru dalam memaksimalkan proses pembelajaran pendidikan agama Islam dengan meningkatkan, memaksimalkan dan menginternalisasikan soft skill dalam pembelajarannya. Sebagaimana diketahui, sejatinya peran guru sebagai pendidik tidak hanya menjadi sarana transfer of knowledge, tapi lebih dari itu juga menjadi teladan dan memiliki perangkat kepribadian yang dapat ditiru oleh sekelilingnya. Soft skill dimaknai sebgai perangkat lunak yang dapat memaksimal peran perangkat kasar (baca: hard skill). Artikel ini ditulis dari hasil penelitian kualitatif study lapangan dengan basic learning. Locus riset berada di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Midad Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Lumajang. Kesimpulan dari artikel ini menunjukkan bahwa beberapa hal dilakukan untuk memaksimalkan internalisasi soft skill antara lain dengan menerapkan prinsip indoktrinasi dan teladan yang dilakukan dengan inovasi baru yang diciptakan oleh guru-guru madrasah. Hal ini berimplikasi positif bagi para siswa, guru dan dan lembaga

Published
Sep 15, 2021
How to Cite
SANTI, Santi; MUTTAQIN, Ahmad Ihwanul. Internalisasi Soft Skill Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS. Miftahul Midad Lumajang. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 217-234, sep. 2021. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/43>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles