Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Unsur Pembangun Cerpen pada Buku Antologi Cerpen di Kelas XI MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Siti Johar Insiyah Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Banyak siswa yang memandang mudah materi pelajaran Bahasa Indonesia, tetapi ketika diminta menganalisis karya sastra khususnya cerpen, sebagian besar merasa kesulitan. Kurangnya pengetahuan mereka terhadap materi sastra dan kurang minatnya mereka terhadap membaca sastra salah satu pemicu kesulitan mereka dalam menganalisis karya sastra. Oleh karena itu, pembelajaran di perpustakaan madrasah merupakan salah satu solusi untuk mempermudah pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi menganalisis, karena di perpustakaan terdapat banyak literasi tentang sastra termasuk buku antologi cerpen. Selain itu, suasana ruang yang kondusif dan menyenangkan dapat membuat proses pembelajaran semakin maksimal. Pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen dalam buku antologi cerpen dengan memanfaatkan perpustakaan madrasah dan menggunakan metode yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebanyak 20 sampai 80%.

Published
Mar 15, 2019
How to Cite
INSIYAH, Siti Johar. Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menganalisis Unsur Pembangun Cerpen pada Buku Antologi Cerpen di Kelas XI MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 31-43, mar. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/5>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles