Urgensi Pola Pikir Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 sebagai Produktivitas Pendidikan

  • Lutfiatul Arifah Madrasah Ibtidaiyah Kota Lumajang, Indonesia
  • Abul Hasan Al Asyari Madrasah Diniyah Sawaran Kulon Lumajang, Indonesia
  • Akhmad Afnan Fajarudin Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Indonesia

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan sistem pembelajaran yang berbasis karakter dan kompetensi secara terpadu yang menjadi penyempurna KTSP 2006. Kurikulum 2013 memiliki kedudukan yang sangat urgensi bagi suatu pendidikan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efisien guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam membentuk produktivitas pendidikan yang semula memakai KTSP dan implementasinya pun berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sepuluh orang guru dari sepuluh sekolah yang ada dilumajang. Kesimpulan dalam   penelitian ini, para guru di lumajang belum bisa sepenuhnya mengimplementasikan kurikulum 2013. Produktivitas pendidikan yang ada di lumajang belum berjalan secara keseluruhan. Demi menuju Indonesia Generasi Emas 2045 diperlukan adanya upgrading diri dalam seorang guru.

Published
Mar 15, 2022
How to Cite
ARIFAH, Lutfiatul; AL ASYARI, Abul Hasan; FAJARUDIN, Akhmad Afnan. Urgensi Pola Pikir Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 sebagai Produktivitas Pendidikan. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 59-76, mar. 2022. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/51>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles