Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pokok Bahasan Metamorfosis Pada Siswa Kelas IV Semester II SD Negeri Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro
Abstract
Pembelajaran berkualitas merupakan proses belajar yang melibatkan siswa secara aktif dan kreatif, sehingga tercipta suasana yang menyenangkan. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Reciprocal Learning dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pokok bahasan metamorfosis pada siswa dan mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar IPA pokok bahasan metamorfosis melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun pelajaran 2021/2022. Dengan menggunakan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu rencana tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi perbaikan diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran pra siklus sebesar (55,54) pada siklus I (64,31) pada siklus II meningkat mendapat nilai rata- rata sebesar (89,17). Dari perbaikan pembelajaran dilaksanakan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal Learning dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa IV SD Negeri Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Tahun pelajaran 2021/2022 .