Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah dengan Menggunakan Media Belajar Audio Visual LCD pada Siswa Kelas X IPA 1 MAN Lumajang
Abstract
Kurang optimalnya pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran Sejarah di Kelas X IPA 1 MAN Lumajang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya penggunaan media belajar LCD yang optimal untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran sejarah tidak monoton yang hanya menggunakan metode ceramah, tanyajawab dan diskusi. Alternatif pemecahan tersebut adalah dengan menggunakan media LCD (Liquid Crystal Display) karena alat tersebut dapat digunakan secara optimal dengan menampilkan gambar, foto-foto, peta, struktur bahkan film yang menarik sesuai materi pelajaran. Obyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1. Desain penelitian yang digunakan adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian meliputi, perencanaan, pengamatan, tindakan dan refleksi. penggunakan chek mengisi kartu angket quisioener yang berisi pertanyaan tentang pengguaan LCD terhadap 35 siswa kelas X IPA1. Penerapan metode diskusi kelompok dengan menggunakan media LCD dilakukan sangat efektif untuk menarik minat siswa serta mudah memahami materi pelajaran. Hasil analisis evaluasi nilai ulangan harian pada siklus I menunjukkan kenaikan pada siklus II mencapai 30 % motivasi belajar meningkat setelah dilakukan observasi data sedangkan hasil secara klasikal sebesar 55 % (tidak tuntas) mengalami kenaikan 85 % (tuntas) siswa tuntas hasil evaluasi ulangan harian yang diberikan pada siklus II.