Meningkatkan Motivasi Belajar Aktifitas Ritmik atau Senam Aerobik dengan Metode Aktualisasi Kreatifitas pada Siswa Kelas X MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018-2019

  • Siti Hasanah Madrasah Aliyah Negeri Lumajang, Indonesia

Abstract

Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran seringkali karena medote yang digunakan tidak tepat. Dalam upaya meningkatkan motivasi belajar tersebut salah satu yang bisa dilakukan yaitu menggunakan metode aktualisasi kreatifitas gerak yang akan dibahas pada penelitian ini. Metode aktualisasi kreatifitas gerak bahwa manusia memiliki kebutuhan dan berusaha mencapainya berdasarkan kebutuhan akan penghargaan,dan yang tertinggi adalah kebutuhan mencapai aktualisasi diri. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Hasilnya, menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang merasa senang antara siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga. Prosentase yang merasa senang 67,5% ; 77,5% ; 82,5%, sedangkan jumlah siswa yang  merasa tidak senang menunjukkan penurunan dengan prosentase 32,5% ; 22,5% ; 17,5%. Sedangkan hasil wawancara langsung melalui angket menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang menjawab setuju antara siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga. Prosentase yang menyatakan setuju 66,8% ; 76% ; 84%, sedangkan jumlah siswa yang  menyatakan tidak setuju menunjukkan penurunan dengan prosentase 33,2% ; 24% ; 16%. Hal ini menunjukkan bahwa metode ini efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Published
Mar 15, 2019
How to Cite
HASANAH, Siti. Meningkatkan Motivasi Belajar Aktifitas Ritmik atau Senam Aerobik dengan Metode Aktualisasi Kreatifitas pada Siswa Kelas X MIPA 1 MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2018-2019. Khazanah: Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 71-81, mar. 2019. ISSN 2685-6247. Available at: <http://www.jurnal.manlumajang.sch.id/index.php/khazanah/article/view/8>. Date accessed: 16 feb. 2025.
Section
Articles